9 Elemen Jurnalistik yang Terkait Dalam Film State Of Play

Sinopsis Film State Of Play
State Of Play adalah sebuah film bertemakan politik dan jurnalistik. Pemeran utama dalam film ini adalah Cal McAffrey seorang wartawan Washington Globe berniat menyelidiki kematian Sonia Baker, seorang asisten kongres yang ternyata terlibat skandal menjalin hubungan percintaan dengan Stephen Collins, anggota kongres sahabat baik Cal. Perasaan bersalahnya karena pernah berselingkuh dengan istri Stephen, Cal berniat menyelidiki kasus tersebut. Penyelidikan Cal yang dibantu wartawan saingannya di Globe.
Film ini berkaitan erat dengan dunia jurnalistik karena didalam film ini mengisahkan tentang seorang wartawan dan bagaimana dia melakukan pekerjaannya secara profesional. Dalam film ini mengandung 9 elemen jurnalistik:
1.      Kewajiban utama jurnalisme adalah pada kebenaran
Jurnalistik adalah pencarian sebuah kebenaran. Didalam film ini sangat jelas bagaimana seorang wartawan yang bekerja sangat profesional, karena tokoh Cal dari film ini benar-benar mendedikasikan hidupnya untuk jurnalistik dengan mengedepankan pencarian kebenaran, dibuktikan dengan sikapnya yang pantang menyerah dalam mengungkap fakta sebenarnya tentang skandal anggota kongres.
2.      Loyalitas pertama jurnalisme adalah pada warga
Jurnalis dituntut untuk mengedepankan kepentingan warga. Dalam film ini juga terdapat elemen ini karna tokoh Cal dalam film ini dalam menguak skandal anggota kongres semata-mata hanya ingin menunjukkan kebenaran kepada publik.
3.      Esensi jurnalisme adalah disiplin verifikasi
Maksud dari point ketiga ini intinya adalah verifikasi dari sebuah berita yang hendak dipublikasikan, harus berdasarkan fakta dilapangan bukan dengan opini individu. Cal didalam film ini sangat teliti dalam mengerjakan tugasnya sebagai wartawan, dia tidak melewatkan sedikit pun fakta yang dia temukan tentang kasus skandal ini untuk akhirnya dipublikasikan.
4.      Jurnalis harus menjaga independensi dari objek liputannya
Independensi jelas maksudnya tidak pandang bulu terhadap objek liputannya. Di dalam film ini independensi sangat terlihat, karena Cal sebagai wartawan dan Stephen sebagai anggota kongres sebenarnya adalah teman dekat dari masa kuliah, tapi Cal tidak membawa hubungan pertemanannya dalam menjalankan tugasnya, ini adalah bukti independensi yang ditunjukkan Cal terhadap profesinya.
5.      Jurnalis harus bertindak sebagai pemantau independen terhadap kekuasaan-kekuasaan
Point kelima ini berarti wartawan juga bertindak sebagai pemantau dan bersifat independen. Stephen merupakan anggota kongres adalah salah satu orang penting dalam pemantauan Cal, Cal sebagai wartawan memantau itu, maka ketika ada skandal ditubuh pemerintahan mengemuka, Cal yang seorang wartawan menjalankan tugasnya sebagai pemantau dengan mencari fakta-fakta kasus tersebut.
6.      Jurnalis harus memberi forum bagi publik untuk komentar,kritik dan kompromi publik
Maksud dari point keenam ini adalah wartawan dalam menyediakan informasi harus mempertimbangkan keinginan publik. Dalam film ini publik sangat menginginkan terungkapnya kebenaran dari kasus skandal Stephen yang merupakan anggota kongres, maka Cal dituntut untuk memenuhi kebutuhan publik akan informasi itu, dia mencari dan menelusuri fakta-fakta skandal itu hingga terungkap kebenarannya.
7.      Jurnalis harus berusaha membuat hal yang penting menjadi menarik dan relevan
Intinya wartawan harus bisa menyajikan informasi itu semenarik mungkin sehingga tidak menimbulkan kebosanan publik terhadap berita itu. Di film ini Cal melakukan itu, caranya dia selalu menemukan fakta-fakta baru dari kasus skandal itu, fakta baru tentunya membuat publik semakin penasaran dan mengikuti perkembangan berita itu.
8.      Jurnalis harus menjaga beritanya agar komprehensif dan proporsional
Maksud dari point kedelapan ini adalah wartawan dalam memperoleh informasi harus ada sesuatu yang menantang dan membuat berita itu sebagaimana mestinya sehingga proporsional memiliki isi berita yang berbobot. hal ini dibuktikan didalam film ini Cal mempertaruhkan nyawanya sendiri demi bisa mengungkap fakta skandal ini karena ia berurusan dengan orang-orang yang punya pengaruh kuat di pemerintahan dan ia membuat beritanya bukan dari judul yang sensasional tetapi isi yang berkualitas.
9.      Jurnalis memiliki kewajiban untuk mengikuti hati nurani
Mendengarkan hati nurani sendiri maksudnya sesuatu yang berasal dari hati nurani akan bersifat baik, sehingga meminimalisir kebohongan dalam penulisan berita. Ini diperlihatkan di dalam film ini dimana Cal mengikuti kata hati nuraninya untuk terus menguak kasus skandal ini demi kepentingan orang banyak.

Demikian pendapat saya tentang kaitan antara 9 Elemen Jurnalistik dengan Film State Of Play 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sedikit Mengenal Youtuber ( Chandra Liow )

Opini

Berita yang Melanggar Kode Etik Jurnalistik